Salamammu Menyapa Dunia


Salamku Menyapa Dunia
Suatu hari KH. Agus Salim - salah satu tokoh Islam dan Nasional - pernah menghadiri suatu rapat tingkat internasional, ketika beliau memberikan paparan dalam rapat, beliau membuka  dengan kalimat salam " Assalamualaikum warahmatullahi wa barakaatuh" beliau sengaja menyapa Perseta rapat dengan kalimat salam karena ingin mengetahui apakah dalam peserta rapat ada saudara seagama, yaitu Muslim.

Menebar salam merupakan suatu yang sangat dianjurkan dalam Islam, salam itu adalah doa, ketika seseorang memberi salam kepada orang lain berarti dia sedang mendoakan orang tersebut, begitu sebaliknya. Salam cerminan kebahagiaan hati jika salam keluar dari hati yang ikhlas.
Hukum memberi salam dalam Islam adalah Sunnah sementara menjawab salam adalah wajib.

Allah SWT berfirman:
Maka apabila  memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) bagimu, agar kamu mengerti."
(QS. An-Nur 24: Ayat 61)

Balaslah kebaikan dengan kebaikan pula, boleh membalas dengan setimpal atau sama ukurannya bahkan melebihi itu lebih baik.
Allah SWT berfirman:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَاۤ اَوْ رُدُّوْهَا  ۗ  اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا 

"Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau balaslah (penghormatan itu yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 86)

Kenapa Islam sangat  menganjurkan pemeluknya agar menebarkan salam?...ya, karena banyak manfaat yang bisa diambilnya. Diantaranya,yaitu: adanya rasa kasih sayang diantara sesama manusia, saling mendoakan kebaikan untuk sesama, terjalinnya tali silaturahmi antar sesama, menghilangkan sifat takabur, dengki dan tinggi hati.

0 komentar:

Posting Komentar