Kesuksesan April


Kesuksesan
Suharto
MTsN 5 Jakarta
15 April 2020

Setiap orang ingin hidupnya sukses, tetapi tidak semua orang bisa meraihnya. Kenapa bisa terjadi seperti itu?.... karena tidak semua orang memahami akan kesuksesan itu sendiri. 

Apakah kesuksesan itu tercapainya sesuatu yang kita inginkan atau cita-citakan?... Misal mendapatkan kedudukan atau naik pangkat bagi pekerja, mendapatkan nilai tertinggi bagi yang sekolah, mendapatkan anak orang kaya biar hidup terjamin bagi seorang wanita atau pria. Bisa ia bisa tidak, yang jelas Kesuksesan yang sebenarnya adalah kesuksesan yang diraih dengan usahanya sendiri dan bisa dinikmati oleh diri sendiri dan orang banyak. Buat apa sukses jika jauh dengan keluarga, sistem jauh dari kebenaran atau jauh dari kejujuran.

Kapan bisa dilihat bahwa kesuksesan itu ada pada diri seseorang?....ya, ketika orang tersebut mampu menikmati hasil yang diperolehnya. Bahkan lebih dari itu, sebagaimana Amirullah Syarbini dan kawan mengatakan:"gambaran manusia yang sukses seutuhnya adalah manusia yang ketika lahir ke dunia ia menangis dan orang lain tersenyum bahagia.  Sebaliknya , ketika ia meninggal dunia,ia tersenyum dengan manis dan orang yang berada disekitarnya menangis, karena merasa kehilangan."
Ada seorang teman mengatakan" kejarlah kesuksesan sebelum umur mencapai empat puluhan, karena setelah itu Sulit untuk meraihnya". Kenapa bisa begitu ?mungkin umur dibawah empat puluhan masanya untuk mengejar impian, tenaga masih kuat, pikiran masih pressure. Setelah itu tinggal mengembangkan dan menikmatinya.

Bagaimana caranya meraih kesuksesan,?ada beberapa kiat menuju kesuksesan, diantaranya:
1. Keyakinan, hal ini menjadi modal awal dan utama untuk meraih sebuah kesuksesan, tanpa keyakinan yang kuat sulit rasanya untuk mencapai kesuksesan. Keyakinan adalah kepercayaan terhadap diri bahwa dirinya mampu untuk melakukan sesuatu. Hal ini harus tertanam dalam hati yang paling dalam sebagai sugesti untuk melakukan sesuatu. Katakan pada diri" saya yakin pasti bisa,.....saya yakin pasti bisa, saya yakin pasti bisa,... bismillah....." Jangan lupa sertakan Allah SWT, agar kamu tidak takabur.

2. Focus, jika melakukan suatu pekerjaan apapun diperlukan perhatian penuh pada sesuatu yang dikerjakan. Jika tidak sulit rasanya untuk meraih apa yang kita inginkan. Focus sangat dibutuhkan ketika kita ingin menggapai mimpi. Singkirkan penghalang-penghalang yang menyebabkan hilangnya focus. Berikan waktu khusus untuk melakukannya.

3. Konsisten, dalam melakukan sesuatu dibutuhkan keajegan, ketetapan atau tidak mencla-menclo. Konsisten dalam melakukan sesuatu yang dilakukan.misal ketika kita mengatakan sesuatu tentang sebuah kejujuran, dalam kondisi apapun kita mengatakan seperti apa yang pertama kali kita katakan. Konsisten dengan bidang yang kita kerjakan dan konsisten terhadap waktu yang telah dijadualkan.

Jika keyakinan, focus dan konsisten ini ada dalam diri pribadi seseorang. InsyaAllah, sesuatu yang diimpikan akan menjadi sebuah kenyataan. Setiap orang pasti akan mampu mencapai tangga-tangga kesuksesan, jika dikerjaan dengan penuh  kesungguhan, sebagai mana maqola Arab" MAN JADDA WA JADA" Siapa yang bersungguh-sungguh, pasti sukses/berhasil.
Maka yakinlah,  pasti anda bisa !..

0 komentar:

Posting Komentar